Saturday 26 November 2011

KIR (Karya Ilmiah Remaja)




Definisi KIR
  1. Pengertian KIR

    Pengertian Karya Ilmiah Karya Ilmiah remaja merupakan tulisan berisi ide kreatif siswa yang disusun secara komprehensi berdasarkan data, dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. Menurut Brotowijoyo karya Ilmiah ialah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

  2. Jenis – jenis karya Ilmiah :

    a.        
    Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan permasalahan dan pembahasannya berdasarkan data di lapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif.
    b.         Kertas kerja adalah karya tulis ilmiah yang bersifat lebih mendalam daripada makalah dengan menyajikan data di lapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif. Makalah sering ditulis untuk disajikan dalam kegiatan penelitian dan tidak untuk didiskusikan, sedangkan kertas kerja ditulis untuk disajikan dalam seminar atau lokakarya.
    c.         Laporan Praktik Kerja Laporan praktik kerja adalah karya tulis ilmiah yang memaparkan data hasil temuan di lapangan atau instansi perusahaan tempat kita bekerja. Jenis karya ilmiah ini merupakan karya ilmiah untuk jenjang diploma III (DIII)
    d.         Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain (karya ilmiah S I). Karya ilmiah ini ditulis untuk meraih gelar sarjana
    e.         Tesis adalah karya tulis ilmiah yang mengungkapkan pengetahuan baru dengan melakukan pengujian terhadap suatu hipotesis. Tesis ini sifatnya lebih mendalam dari skripsi (karya ilmiah S II). Karya ilmiah ini ditulis untuk meraih gelar magister.
    f.          Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan teori atau dalil baru yang dapat dibuktikan berdasarkan fakta secara empiris dan objektif (karya ilmiah S III). Karya ilmiah ini ditulis untuk meraih gelar doktor.
     
  3. Karakteristik Karya Ilmiah :

    1.         Mengacu kepada teori, Artinya karangan ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagai landasan berpikir / kerangka pemikiran / acuan dalam pembahasan masalah.
    2.         Berdasarkan fakta Artinya setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, sebenarnya dan konkret.
    3.         Logis Artinya setiap keterangan dalam kerangka ilmiah selalu dapat ditelusuri, diselidiki dan diusut alasan-alasannya, rasional dan dapat diterima akal.
    4.         Objektif Artinya dalam kerangka ilmiah semua keterangan yang diungkapkan tidak pernah subjektif, senantiasa faktual dan apa adanya, serta tidak diintervensi oleh kepentingan baik pribadi maupun golongan.
    5.         Sistematis Baik penulisan / penyajian maupun pembahasan dalam karangan ilmiah disajikan secara rutin, teratur, kronologis, sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku, terurut, dan tertib.
    6.         Sahih / Valid Artinya baik bentuk maupun isi karangan ilmiah sudah sah dan benar menurut aturan ilmiah yang berlaku. 7. Jelas Artinya setiap informasi dalam karangan ilmiah diungkapkan sejernih-jernihnya, gamblang, dan sejelas-jelasnya sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan keraguan-raguan dalam benak pembaca. 8. Bahasanya Baku Bahasa dalam kerangka ilmiah harus baku artinya harus sesuai dengan bahasa yamg dijadikan tolak ukur / standar bagi betul tidaknya penggunaan bahasa.

  4. Langkah-Langkah Penulisan Karya Ilmiah :

    1. Persiapan :
    A.        Pemilihan Topik Cara memilih topik yang baik dalam karya ilmiah adalah sebagai berikut: a) topik itu sudah dikuasai, b) topik itu paling menarik perhatian, c) topik itu ruang lingkupnya terbatas, d) data itu objektif, e) memiliki prinsip-prinsip ilmiah (ada landasan teori atau teori- teori sebelumnya, f) memiliki sumber acuan.
    B.         Penentuan Judul Syarat judul yang baik adalah sebagai berikut: a.) harus bebentuk frasa, b.) tanpa ada singkatan atau akronim, c.) awal kata harus huruf kapital kecuali preposisi dan konjungsi, d.) tanpa tanda baca di akhir judul karangan, e.) menarik perhatian, f.) logis, dan g.) sesuai dengan isi.
    C.        Penulisan Kerangka karya ilmiah Kerangka karya ilmiah adalah pengelompokan dan pengamatan jenis fakta dan sifatnya menjadi kesatuan yang bertautan.

    2. Pengumpulan Data :
    A.        Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut: a.) mencari informasi/data dari kepustakaan, b.) menyusun daftar angket, c.) melakukan wawancara, d.) melakukan pengamatan di lapangan, e.) melakukan percobaan di laboratorium, e.) Penyusunan Data, penyusunan data dapat diartikan menyeleksi, mengolah, dan menganalisis data dengan menggunakan teknik-teknik atau metode yang telah ditentukan. f.) Pengetikan Setelah data disusun lalu diadakan pengetikan data (penelitian). Huruf yang dipakai adalah times new roman ukuran 12 atau arial ukuran 11 (untuk teks) Spasi yang dipakai dalam karya ilmiah adalah dua spasi, sedangkan abstrak adalah satu spasi. Catatan: Ukuran huruf untuk judul karangan dan judul bab adalah 14, sedangkan ukuran huruf untuk nama lembaga 16. 5. Pemeriksaan Pemeriksaan data (penelitian) dapat dilakukan melalui tahapan penerapan bahasa berikut: 1. penyusunan paragraf, 2. penerapan kalimat baku, 3. penerapan diksi/pilihan kata, dan 4. penerapan EYD.




  1. Sistematika Karya Ilmiah

    1. Bagian Pembuka
    a.         Judul Karangan - Judul karangan Catatan: Syarat-syarat judul dapat dilihat pada pemilihan topik dan penentuan judul. Contoh : FUNGSI PENGAWASAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN DAERAH TINGKAT I JAWA BARAT - Nama Karangan Ilmiah Mencantumkan jenis karangan ilmiah. Apakah LAPORAN PRAKTIK KERJA, SKRIPSI, TESIS, DISERTASI dll. Ditulis dengan huruf kapital dan cetak tebal.
     b.        Tujuan Penulisan, Tujuan penulisan ditulis dengan memakai huruf kecil kecuali nama mata kuliah, kegiatan, dan nama jurusan. (ditulis di tengah-tengah). Contoh : disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Politik pada Program Studi Ilmu administrasi Negara - Nama Penyusun Dicantumkan nama penyusun dengan didahului kata Oleh: atau Disusun oleh.
    c.         Kata Pengantar.
    d.         Daftar isi.
    e.         Pendahuluan, memuat penjelasan atau pengantar tentang isi karangan ilmiah.

    2. Bagian Isi ( Inti Karya Ilmiah)
    a.         Kajian Teori Bab ini berisikan uraian tentang teori-teori yang relevan dengan masalah yang dibahas atau diteliti.
    b.         Analisis Data ( Pembahasan ).
    c.         Latar Belakang Masalah Bagian ini merupakan landasan dan pendorong (motivator) bagi pembaca dan peneliti
    d.         Identifikasi Masalah atau Pembatasan Masalah Identifikasi masalah bertujuan untuk membatasi atau menajamkan pokok permasalahan sehingga kajian atau pembahasannya tidak terlalu luas dan abstrak
    e.         Tujuan Penelitian Tujuan penelitian merupakan sasaran yang akan dicapai atau dihasilkan dalam penelitian ini,
    f.          Kerangka Pemikiran dan Hipotesis Hipotesis ialah dugaan smentara
    g.         Metode dan Teknik penelitian Metode penelitian adalah seperangkat alat yang tersusun secara sistematis dan logis sedangkan teknik penelitian adalah tata cara melakukan setiap langkah- langkah metode penelitian.

    3.
    Bagian Akhir
    a.         Kesimpulan dan saran.
    b.        
    Daftar Pustaka, fungsi dari daftar pustaka adalah sebagai berikut:
                1.) Menunjukkan bahwa tulisan itu ilmiah (bersifat ilmu pengetahuan).
                2.) Menginformasikan bahwa karya ilmiah itu (penelitian) memilikireferensi dan akumulasi dari karya ilmiah terdahulu.
                3.) Merupakan alat control pada landasan teoretis atau tinjauan pustaka.



     
  2. Manfaat Penyusunan Karya Ilmiah

    Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut: 1. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif; 2. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber; 3. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan; 4. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis; 5. Mempe
    roleh kepuasan intelektual; 6. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment